Siapa yang mencari Cinta?

17 Feb 2013

What’s up love? wanna talk?

Hehe itu akan menjadi acuan saya untuk menulis kali ini, saya percaya kalau ditanya soal definisi apa itu cinta, pasti akan keluar definisi yang begitu banyak dari tiap pandangan tiap orang dan itu bukan berarti salah atau benar.

Di sini saya tidak akan mengajak pembaca untuk coba mencari benar atau salah, di sini saya akan membagi sesuatu yang menurut saya bukan karena benar atau salah tapi seberapa jauh kita mengerti, sudah pasti tidak ada yang sempurna, tidak ada hal yg mutlak di dunia ini, tidak ada yang pasti dan tidak ada yang tidak berubah, yang akan selalu disana esensi asli dari mana semua itu berasal, aishh berat haha.

Disini saya akan lebih menspesifikasikannya seperti cinta terhadap pasangan, banyak sekali definisi tentang cinta di dunia ini,banyak yang percaya cinta bekerja seperti itu, saya pun makin penasaran tiap kali mereka mengungkapkan apa definisi cinta mereka dan itu sangat menarik, ada yang bilang cinta itu buta, cinta itu tai kucing bisa rasa coklat, cinta itu tulus, cinta itu ikhlas, cinta itu penipu, cinta itu gila, cinta itu galau, dll, haha sangat menarik kalau mendengarkan orang berbicara tentang cinta mereka dan cinta yang mereka harapkan terhadap pasangannya nanti.

Lucunya adalah saat saya bertanya alasannya? alasan kenapa itu menjadi definisi mereka! mereka bingung sendiri haha, ada yang bilang saya taunya gitu, saya pikir sih, saya sih bodo amat, saya yg penting asik :p, saya mah bodo amat toh semuanya sudah diatur Tuhan dll.

Yang membuat saya tertarik adalah pernyataan, ” semuanya kan sudah diatur Tuhan ” wow ini pernyataan kelas berat buat dimengerti loh haha, seberat menarik gajah ditanjakan :p

Ok, kalau semua sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa, kenapa kita diberkati dengan otak? untuk berfikir dan memutuskan, untuk mencari tahu dan membedakan? hmm. Buat saya yang sok tahu ini, sangat aneh kalau kita menyerah pada statement ” Semua sudah diatur “, terus, mengapa kita ada di dunia? kenapa Tuhan berkati kita dengan otak? toh mudahnya ya udah tinggal disetir kiri trus kanan, maju mundur, sesuai kehendak sang Pencipta aja, toh dengan begitu kan lebih gampang buat mengontrol semuanya dan membuatnya menjadi pasti:)

Adakah kepastian di dunia? hehe, menurut saya tidak ada, semua berubah yang tidak berubah kata guru saya adalah esensi perubahan itu sendiri, terus kalau begitu buat apa semua ini? :)

Melalui perjalanan panjang yang menguras tenaga dan pikiran saat sedang menyapu kamar saya, akhirnya saya PAHAM *lampuNeon haha, buat saya semuanya sangat sederhana, semuanya diberikan kepada kita untuk kita PAHAMI, MENGERTI dan AMALKAN.

Cinta mengajarkan kita untuk paham lalu datanglah pengertian, pengertian seperti apa? pengertian yg sehalaman. Maksudnya? kita tidak akan pernah mendapat pengertian yg sama kalau halamannya beda :), terus bagaimana mendapatkan halaman yang sama? kita harus menggunakan yg namanya komunikasi, satu lagi berkat yg Tuhan kasih kepada kita (fungsi organ mulut).

Komunikasi seperti apa? nah, komunikasi itu kan banyak bgt, hehe, menurut ke sok tahuan saya, komunikasi yg diperlukan itu harus satu level satu frekwensi, ibarat radio, kalau frekwensinya tidak pas, ya suaranya ga jelas alias gresek - gresek.

Nah sekarang gimana caranya membuat komunikasi itu menjadi sama? yup, sampingkan dulu ego, bukan berarti ego itu tidak baik atau baik, tapi mencari kesepadanan komunikasi, kita harus menyampingkannya dulu, nanti akan keluar result yang jelas ego siapa yang over, siapa yg terlalu menuntut tapi tidak mengerti, siapa yg mau menang sendiri,dll

Ego itu biasannya dianggap orang sebagai hal yang jelek, tapi kalau menurut saya yang jelek bukan egonya, tapi niatnya, untuk memaksakan egonya tapi tidak membuat orang itu paham, buat saya itu kejahatan otak. Ego tidak jelek, ego ada untuk membuat kita paham juga.

Mencintai itu biasanya identik dengan ingin memiliki dan sangat sulit untuk melepaskan ke inginan kita untuk mencintai dengan tulus, masalahnya apa itu mencintai dgn tulus? ada yg bilang cinta itu tidak harus memiliki, hmm, kedengaran seperti ihklas pada apa yang sudah diatur, tidak salah loh dan saya setuju kalau semua sudah diatur, kalau tidak, bagaimana mungkin semua bisa berjalan sebagaimana mestinya, bumi berputar, ada lahir dan mati, senang dan susah, suka dan duka dll, tapi apakah kamu merasa puas hanya dengan semua itu, puas dengan kenyatataan yang kamu tidak mengerti dan mengalir begitu saja sampai hidup membawamu dalam masa tua yg kamu sama sekali tidak paham, tujuan dan keberadaan mu didunia? adilkah itu? hehe:p

Jika kita ingin membangun suatu cinta yang besar nanti, mulailah mengerti tentang pentingnya hal kecil karena itu adalah fondasi untuk membangun kerajaan cintamu, kalau tidak sejauh manapun kamu pergi, setinggi apapun kau meraih, fondasi itu akan menarikmu turun sangat keras, sampai rasanya kamu tidak ingin menghadapi hidup mu lagi, terlalu sakit, terlalu berat, terlalu sedih, terlalu dalam dan membuat hatimu buta dan gelap, membuatmu takut untuk membukanya lagi.
Memahaminya akan membawa kita pada satu tingkat pemikiran yg lebih luas dan tidak sempit, sangat penting untuk setiap orang diberi pemahaman dan mencari pemahaman serta mengamalkan pemahaman itu dengan berkomunikasi dua arah dgn level komunikasi yg sama.
Cinta dihadirkan Tuhan di dunia bukan untuk membuat orang takut, tapi untuk membuat orang berani mengambil langkah, karena itu kita dibekali semua yang kita perlukan untuk mencari pemahaman itu dengan otak untuk berfikir, mulut untuk berkomunikasi, serta hati untuk merasakan.
Buat saya Cinta adalah suatu ruangan yg terkunci, kuncinya adalah komunikasi, pemahaman, dan pengorbanan, maka kita akan menemukan cinta yang murni, cinta yg akan mengajarkan kita untuk berkomunikasi, memahami, pengertian, berbagi, cinta yg berjuang..
Buka ruangan itu, jangan tunggu keberanian muncul, keberanian akan muncul pada saat kita menjalani ketakutan itu. Dengan menjalani ketakutan mu kamu tidak akan kehilangan esok tapi kamu akan meninggalkan masa lalumu.
Mungkin apa yang saya tulis ini belum lah lengkap, karena waktu yg tidak mencukupi maka saya hanya bisa menulis sejauh ini, dan apa yg saya tulis pun bukan lah sebuah kebenaran mutlak, tapi apa yang saya bagi kepada para pembaca, mungkin saya bisa membuat orang lain memiliki senyum lebih indah lagi nanti :)
“He who controls others may be powerful, but he who has mastered himself is mightier still”
Cari dan temukan kerajaan cintamu teman…


TAGS


-

Author

Follow Me