Belajar Menertawakan Kehidupan

1 Jun 2011

tertawa12 Humor itu penting dalam perjalanan, hal2 lucu yg kadang terjadi dalam kehidupan terkadang kita melihatnya penting ternyata tidak sepenting itu, kita bingung memikirkan hal2 sepele dan terjebak dalam rincian kehidupan yg tidak relevan membuat kehidupan berlalu dgn cepat tanpa kita sadari :)
Dengan membiarkan hal2 yg tidak penting kita akan kembali ke jalur dan humor akan membantu anda, menertawai diri sendiri, menertawai situasi, tapi jgn menertawai orang lain karena dia akan sama bingungnya dgn anda haha.

Saya yakin setelah membaca line pertama dari tulisan saya pasti kebingungan mulai melanda dan pertanyaan mulai bermunculan, salah satunya mungkin adalah ” ini orang gila ya! kok dia menertawakan diri sendiri dan situasi? “
saya yakin banyak persepsi yg timbul dan mulai berfikir apa maksud dari tulisan ini..

Sering kita tenggelam dalam hal2 yg membuat kita khawatir dan memikirkannya terus menerus, memikirkan apa yg dikatakan orang, apa yg blum kita miliki atau kita lakukan..
” Ya ampun saya blum mencuci mobil saya sedangkan mobil tetangga saya sudah mengkilap, saya blum mencapai ini sedangkan dia sudah, saya blum ini dan itu sedangkan mereka sudah”
hey,hey, chill out :) apa yg km khawatirkan, dont worry, hari ini masih ada dan besok matahari masih akan terbit, hidup ini untuk dinikmati, untuk menikmati sinar mentari, bukan untuk mengkhawtirkan hal2 kecil dan melupakan hal2 penting, remember u cant do all the things dan sadari saat km sedang mengerjakan sesuatu km akan melewatkan sesuatu.. Dan itu bukan menjadi sebuah alasan bahwa km harus galau karena menjatuhkan beberapa telur di supermarket..

Hidup akan tetap berjalan walaupun kekecewaan dan kekhawatiran datang melanda, apa yg harus ditakutkan?
terkadang orang terlalu serius memikirkan segala hal dan membuat mereka lebih tertekan dan tambah tertekan hingga sampai pada titik terendah dari kepercayaan dirinya dan mulai kehilangan jati diri yg mereka percayai..

Memang sulit menertawai diri kita sendiri terutama saat kita berada di posisi yg sgt down, dimana kita merasa kita sendirian dan menghadapi semuanya sendiri, tapi percayalah km tidak pernah sendirian, karena itu hanya perasaaan negatif yg terbentuk di alam bawah sadarmu karena perasaan sedih yg begitu teramat dalam dan membuatmu seolah tenggelam dan hilang dalam pusaran kegelapan yg km buat sendiri :)

Saat km merasakan hal seperti itu cepat tarik dirimu keluar jgn ikutin kemauan gelap itu, hidup bukan untuk itu walaupun tidak ada yg salah saat kita merasakannya krn itu sangat manusiawi..

Saya yakin beberapa orang pernah muda dan pernah punya kenangan tidak menyenangkan di masa lalu mereka dan pada saat itu merasa hidup itu begitu berat dan semuanya seolah tidak harapan :)
kalau kita flashback sedikit kebelakang dan mengingat memory itu sekarang pasti anda akan tertawa dan merasa kok bisa ya dulu saya begitu haha..

Menertawai diri sendiri dan situasi yg anda hadapi memiliki efek positif ganda, pertama, hal ini akan mengurangi ketegangan dan membantu anda untuk memulihkan diri, kedua hal ini akan memberikan manfaat lahir batin, senyuman dan kedamaian karena menyadari kita sepenuhnya manusia :)
Tawa memicu pelepasan endorfin, yg akan membuat anda merasa lebih baik serta memberikan perspektif kehidupan yg lebih baik dan akan membantu kita untuk lebih clear dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan di kehidupan, bukankah solusi yg kita mau?

Memiliki selera humor bukan berarti hanya menceritakan lelucon atau memecahkan permainan tebak kata. Humor adalah kemampuan “melihat” hal yg lucu dalam apapun yg terjadi pada kita dalam kehidupan ini, caranya? jgn memposisikan diri anda sebagai diri anda tapi posisikan diri anda sebagai orang lain yg sedang meilhat diri anda menghadapi situasi, trust me akan terlihat lebih jelas :)

Saya pernah datang beribadah dan saat beribadah itu saya menangis dan berkeluh kesah pada Tuhan tanpa saya sadari saya mengucapkan beberapa kata2 yg membuat seseorang di sebelah saya yg kebetulan seorang pemuka agama tersenyum, saya menjadi bingung dan kesal dipikiran saya “apakah orang ini menertawai saya?”
Dengan tersenyum dia berkata pada saya ” saya tau apa yg kamu pikirkan :) jgn marah atau bersedih, saya pernah berucap dan bertingkah lebih bodoh dari itu :) “
Yg perlu km lakukan skrng adalah menangislah sepuasmu dan mengadulah padaNYA sepuasmu, setelah itu tersenyumlah pada kehidupanmu, karena km sudah menjadi lebih baik..

“Lihatlah sesuatu yg lucu pada kehidupamu dan berfokuslah pada hal yg membuatmu merasa bahagia”
“Lupakan kesedihan itu karena saya yakin suatu hari km akan menertawakannya”

baby-laugh-cute1

tertawa-1

tawa

denyy-sumargo


TAGS


-

Author

Follow Me